5 Modal Sarjana Baru Agar Mampu Taklukan Dunia Kerja

Tidak sedikit sarjana baru yang sulit mendapat pekerjaan. Selain karena pasar tenaga kerja dibanjiri jutaan fresh graduate, minimnya pengalaman menjadi salah satu penyebab mereka sulit bersaing.

Agar bisa taklukan dunia kerja, sejumlah modal berikut ini sebaiknya dikoleksi sejak masa kuliah.

1. Pengalaman

Carilah pengalaman sebanyak-banyaknya di kampus. Kamu bisa aktif berorganisasi atau menjadi volunteer. Pengalaman tersebut akan memudahkanmu menarik perhatian HRD saat wawancara kerja. Sebab, meski belum memiliki pengalaman kerja, keaktifanmu di kampus bisa memberi gambaran tentang pengalaman berorganisasi yang kamu miliki.

Baca juga: Contoh soal psikotes lengkap dengan jawabannya

2. Skill

Biar bagaimanapun, skill menjadi hal terpenting bagi fresh graduate untuk bisa menaklukkan dunia kerja. Kamu akan mendapat hard skill sesuai pembelajaran di kampus. Tetapi, perkaya dirimu dengan berbagai soft skill seperti kepemimpinan, kerjasama dalam tim, bahasa asing, dan keterampilan lain.

Karena itu, jangan pernah malas untuk terus memperbaharui skill. Seiring perkembangan zaman, kemampuan yang kamu miliki pun harus semakin beragam.

3. Koneksi

Punya teman yang banyak mempermudahmu mendapatkan informasi. Manfaatkan masa kuliahmu dengan menjalin pertemanan seluas-luasnya. Siapa tahu mereka bisa memberikan informasi terkait dengan dunia kerja yang kamu butuhkan.

4. Jiwa kepemimpinan

Perusahaan lebih tertarik pada sosok fresh graduate yang bukan hanya menjadi follower namun sanggup menunjukkan jiwa kepemimpinannya. Sosok fresh graduate seperti ini dinilai mampu menjalani tanggugjawab yang besar.

5. Profesional

Mulailah bersikap profesional sejak di masa kuliah, karena dunia kerja menuntutmu untuk bersikap seperti itu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × = 40