Bukan Cuma Ijazah Penentu Kesuksesan Fresh Graduate

Ijazah menjadi bukti bila seseorang selesai menamatkan jenjang pendidikan. Ijazah juga bisa digunakan sebagai bekal pembuka karier.

Tetapi pada kenyataannya, bukan cuma ijazah yang bisa menentukan kesuksesan fresh graduate usai tamat kuliah. Setidaknya ada lima hal yang berperan besar dalam membangun kesuksesan karier para lulusan baru, berikut ini kutipan dari Okezone.com.

1. Skill yang memadai

Ijazah hanya selembar kertas yang menunjukkan secara resmi gelar kita. Namun apalah artinya ijazah bila tidak didukung dengan skill memadai yang bisa kita jual? Karena itu, sejak masih di bangku kuliah, kembangkan berbagai kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang yang kamu minati. Jadi jangan terlalu banyak main-main, sibukkan diri dengan hal-hal yang melatih skill kamu. Kalaupun tamat kuliah dengan nilai tidak memuaskan minimal kamu harus mampu menggunakan komputer dengan baik.
2. Leadership

Baca juga: Contoh soal psikotes lengkap dengan jawabannya

Semua perusahaan mencari fresh graduate yang memiliki sikap kepemimpinan. Salah satu cara membangun kemampuan memimpin ini adalah dengan aktif berorganisasi di kampus. Ikuti saja organisasi kampus agar kamu dapat bersosialisasi dengan orang-orang baru. Sehingga kamu banyak menemukan hal-hal baru yang tidak pernah kamu tahu sebelumnya bagaimana cara mengelola/ bekerja dalam sebuah tim yang baik.

3. Kerja Keras

Tidak pernah menyerah dan selalu berusaha adalah modal untuk bisa meraih kesuksesan. Seorang fresh graduate tidak bisa hanya mengandalkan ijazah tanpa berusaha meraih apa yang diinginkannya. Jadi, berjuanglah dalam perburuan mencari kerja!

4. Tanggung jawab

Sebagai fresh graduate, kamu akan mulai dituntut untuk bisa bertanggung jawab pada diri sendiri maupun tugas-tugas yang kamu miliki. Sudah tidak lagi masanya untuk menggantungkan diri pada orang lain.

5. Disiplin

Disiplin membuatmu lebih mampu merencanakan dengan matang apa saja yang ingin kamu raih usai lulus nanti. Kedisiplinan tinggi dalam pengaturan tersebut membuka pintu keberhasilan lebih lebar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 7 = 3