Persyaratan kerja di Indomaret untuk lulusan baru

Siapapun boleh menjadi karyawan Indomaret, asalkan anda dapat memenuhi semua persyaratan melamar kerja di Indomaret. Kebanyakan pelamar kerja masih belum mengetahuinya, oleh karena itu disini saya mencoba memberikan informasi yang dibutuhkan bagi pelamar yang ingin tes masuk Indomaret.

Sebelum mengikuti tes masuk Indomaret sebaiknya anda mengetahui beberapa informasi agar pada saat mengajukan lamaran tidak langsung di tolak oleh perusahaan.

Persyaratan masuk Indomaret

Jika persyaratan awal berikut ini belum terpenuhi sebaiknya anda tidak memaksakan diri untuk melamar kerja di Indomaret. Adapun persyaratan awal yang harus di penuhi calon karyawan adalah:

  1. Pendidikan SMA/SMK, D3 dan S1
  2. Tinggi badan pria = min 165 cm, wanita = min 155 cm
  3. Usia Max pria 34th, wanita 23th
  4. Status Belum Menikah (tergantung posisi yang dilamar)
  5. Siap ditempatkan dimana saja
  6. Siap bekerja sistem shift
  7. Tidak bertindik dan bertato

Jika semua persyaratan telah terpenuhi anda dapat mengajukan lamaran kerja Indomaret di kantor cabang Indomaret terdekat atau memasukkan lamaran pada website Indomaret, tentunya terlebih dahulu dengan mempersiapkan berkas lamaran diantaranya:

Baca juga: Contoh soal psikotes lengkap dengan jawabannya

  1. Surat lamaran kerja
  2. Daftar riwayat hidup
  3. Fotocopy ijazah terakhir dan transkrip nilai
  4. Fotocopy KTP/SIM
  5. Fotocopy SKCK terbaru
  6. Fotocopy surat keterangan sehat terbaru
  7. Pas poto terbaru ukuran 4×6
  8. Cantumkan kode jabatan yang diinginkan di sudut kanan atas amplop

Untuk mengetahui alamat PT Indomarco Prismatama (Indomaret) silahkan lihat di web resmi Indomaret http://indomaret.co.id/karir/info-lowongan.html. Lalu klik pada masing-masing lokasi kota/provinsi yang anda inginkan untuk mengetahui alamatnya. Saat mengantar lamaran jangan lupa membawa KTP/SIM asli karena HRD akan memeriksa keaslian idenditas anda, jika idenditas anda sedang hilang lebih baik mengurusnya terlebih dahulu.

Jika anda mau mengirimkan lamaran secara online (lebih cepat dan praktis) silahkan persiapkan persyaratan berikut ini:

  1. Scan file ijazah terakhir
  2. Scan file SKCK terbaru
  3. Scan file KTP
  4. Scan file Foto terbaru

Usahakan file yang anda scan berukuran kecil maksimal 500kb/file. Isikan semua biodata dan upload file dokumen anda secara online lalu silahkan submit untuk mengirim. Dan tunggulah sampai pihak perusahaan menghubungi anda untuk mengetahui jadwal tes Indomaret. Paling cepat 2 hari anda dihubungi untuk mengikuti tes.

Tahapan tes masuk Indomaret

Sebelum mengikuti tes anda akan diberikan penjelasan/presentasi mengenai profil perusahaan, disini anda bisa tanya jawab langsung dengan HRD/ tim rekrutmen mengenai perusahaan, gaji, jenjang karir, kesejahteraan, dll.

Sistem tesnya dalam bentuk sistem gugur, peserta yang lulus langsung diumumkan hari itu juga. Anda akan melalui 4 tahapan tes untuk diterima bekerja di Indomaret diantaranya:

  • Pemeriksaan/verifikasi berkas di kantor cabang
  • Ujian tes tulis psikotest, FGD
  • Interview awal dan pemeriksaan fisik
  • Interview User

Tes tahap 1: Pemeriksaan/Verifikasi dokumen

Pemeriksaan/verifikasi dokumen calon karyawan dimulai sejak pukul 08.00 pagi senin s/d jum’at (jam dinas kantor). Pemeriksaan dilakukan untuk mengecek keaslian dokumen persyaratan yang anda bawa. Jadi pastikan dokumen yang anda bawa sesuai dengan persyaratan.

Tes tahap 2: Ujian tes tulis psikotes Indomaret

Seperti biasanya dan sudah lumrah dimanapun anda melamar kerja pasti akan berhadapan dengan psikotes.  Soal psikotes di Indomaret tidak jauh berbeda dengan soal-soal psikotes masuk perusahaan lain, hanya saja tingkat kesulitannya yang berbeda-beda.

Contoh soal tes di Indomaret dari penelusuran yang saya lakukan di internet melalui forum Kaskus maupun beberapa Blog yang membahas soal tes Indomaret diantaranya adalah tes intelegensi umum, mencocokkan pola gambar, aritmatika, deret angka, tes pengetahuan umum, army alpha, tes koran pauli/ tes kraepelin, tes wartegg, tes menggambar orang dan pohon.

Selanjutnya tes FGD, disini anda diberi waktu untuk membaca dan mengutarakan pendapat anda didalam group. Sampaikan semua pendapat anda dengan baik tanpa menjatuhkan pendapat orang lain.

Selesai itu anda akan diarahkan untuk mengisi formulir berupa biodata, pengalaman kerja, pengalaman organisasi dan lainnya.

Tahap 3: Interview awal dan pemeriksaan fisik

Interview awal biasanya dilakukan setelah ujian psikotes ataupun FGD dan pada saat itu juga akan diadakan pemeriksaan fisik. Pertanyaan pada interview awal diantaranya seputar CV yang anda buat, kepribadian anda misalnya apa hobi anda, kebiasan di rumah, hubungan dengan keluarga, hubungan dengan masyarakat, dll.

Pemeriksaan fisik tidak terlalu detail, yang diperiksa diantaranya di suruh jalan cepat, jalan pelan, berpaling ke kiri, berpaling ke kanan, tes penglihatan, dll.

Tahap 4: Interview user Indomaret

Interview user adalah proses interview yang dilakukan langsung oleh calon bos anda/ atasan bagian terkait. Disini anda ditanya tentang kesiapan anda menjadi karyawan Indomaret (pertanyaannya akan lebih spesifik).

Jika beruntung anda akan langsung tanda tangan kontrak kerja dihari itu juga, atau anda akan diminta menunggu paling cepat 2 minggu dan paling lama 4 minggu.

Demikikan informasi tentang persyaratan kerja di Indomaret. Punya pengalaman tes masuk Indomaret juga? silahkan bagi-bagikan ke lainnya pada kolom komentar dibawah. Terima kasih..

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

90 ÷ 10 =