Cara melamar pekerjaan online lewat email

Perkembangan teknologi dewasa ini membuat hidup kita semakin mudah dan praktis. Tak terkecuali dalam hal rekrutmen tenaga kerja perusahaan kini telah beralih dari cara rekrutmen konvensional yaitu mengirim surat lamaran via pos menjadi dengan sistem digital menggunakan internet untuk ngelamar kerja secara online.

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara melamar pekerjaan lewat email, contoh lamaran kerja lewat email dan tips melamar kerja lewat email, semua cara ini biasa disebut cara melamar kerja online. Disini saya akan memberikan contoh kasus melamar kerja online di Indomaret, saya menyarankan anda mempersiapkan terlebih dahulu apa saja persyaratan melamar kerja di Indomaret untuk lulusan baru.

Syarat utama melamar kerja online anda wajib memiliki email, baik email gratisan maupun email berbayar. Untuk menghemat biaya dan waktu sekarang kita bisa menggunakan email gratisan seperti GMail, Yahoo Mail, dll. Saya menggunakan layanan GMail karena navigasinya tidak terlalu membingungkan.

Cara melamar pekerjaan lewat email

Langkah ini penting sebagai persiapan sebelum mengupload berkas lamaran anda yang akan dikirim melalui email. Untuk itu persiapkanlah langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan semua berkas lamaran anda yang asli berupa Ijazah terakhir, transkrip nilai, SKCK, kartu kuning, KTP, CV dan lain-lain
  2. Scan semua berkas tersebut menggunakan scanner printer maupun scan di foto kopi terdekat
  3. Atur output file scanner tersebut dengan kapasitas file maksimum 2Mb (totol kapasitas semua file). Setelah scan simpan file tersebut dalam flash disk
  4. Saya anggap anda sudah memiliki akun GMail dan silahkan login di sini: http://mail.google.com, jika belum memiliki akun klik pada tulisan “Create Account” untuk membuat akun atau alamat email baru. Membuat akun GMail baru dibutuhkan nomor HP aktif untuk verifikasi.
    lamaran-kerja-via-email2
  5. Setelah login klik pada tab menu “Tulis” sebelah kiri layar untuk menulis email. Perhatikan langkah-langkah pada gambar berikut ini, silahka klik gambar untuk memperbesar (lihat semua urutan pada tanda panah).
lamaran-kerja-via-email1

lamaran-kerja-via-email

Penjelasan masing-masing point diatas:

  1. klik tab menu “tulis” untuk memualai menulis pesan
  2. masukkan alamat tujuan pengiriman email
  3. tuliskan subjek (judul email)
  4. isi email anda, jelaskan dengan singkat dan padat
  5. tombol untuk melampirkan/ meng-upload file dokumen yang akan anda kirim
  6. pilih file yang akan anda upload kedalam email
  7. klik open untuk melampirkan file pilihan anda
  8. file yang anda pilih akan terlihat di bawah isi email
  9. jika semua langkah diatas sudah sesuai maka klik tombol kirim untuk mengirim email.

Saya rasa penjelasannya sudah lengkap dan sangat mudah di praktekan. Jangan lupa memasukkan nomor telepon/HP anda pada Daftar Riwayat Hidup (CV) agar pihak HRD mudah menghubungi anda. Jadi anda tinggal mempraktekkannya sendiri sesuai dengan urutan diatas.

Contoh lamaran kerja lewat email

 

Berikut ini contoh email yang anda ketik untuk melamar kerja via email, silahkan kondisikan redaksi email berikut ini sesuai dengan perusahaan yang anda lamar.

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan kerja pada website http://indomaret.co.id/karir/info-lowongan.html, bahwa PT Indomarco Prismatama (Indomaret) membutuhkan karayawan untuk posisi Teknisi, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

  • Nama : Rahmad Saputra, A.Md
  • Alamat : Jl. Saguba No.20 Tasikmalaya
  • Tempat, Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 11 Desember 1991
  • Tendidikan : Diploma III Teknik Elektro Politeknik Bandung

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Bersama surat lamaran ini saya lampirkan file:

  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. Scan ijazah terakhir dan transkrip nilai
  3. Scan KTP
  4. Scan SKCK terbaru
  5. Scan surat keterangan dokter terbaru

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk mengikuti tes masuk di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

(Rahmat Saputra)

 

Demikianah cara melamar pekerjaan online lewat email beserta dengan tipsnya, saya harap anda harus berhati-hati dengan tawaran lowongan kerja di internet karena banyak terjadi penipuan lowongan kerja terutama melalui email, SMS, brosur dan lainnya.

Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan pekerjaan yang sesuai.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 3 = 21

Share