Cara Menjelaskan “Apa Kelemahan Anda” Saat Interview Kerja

Saat interview kerja, setiap kandidat ingin memberikan jawaban terbaik untuk pewawancara. Tak heran, sebisa mungkin para kandidat berusaha menutupi kekurangan dan kelemahan dengan prestasi yang dimilikinya.

Meski demikian, tidak punya kelemahan tentu mustahil karena tak ada manusia yang sempurna.

Menjawab Pertanyaan “Apa Kelemahan Anda” Saat Interview Kerja

1. Gunakan kelemahan yang bisa memperkuat pekerjaan

Dikutip dari Careerealism, salah satu contoh kelemahan pada seseorang adalah ketidaksabaran. Ketidaksabaran merupakan kelemahan yang dapat menyebabkan berbagai masalah dan membuat orang tidak mengapresiasi sikap ini.

Namun, pada pekerjaan marketing, ketidaksabaran bisa memberikan keuntungan. Sifat ini akan mendorong untuk bekerja cepat dari orang lain agar target segera terpenuhi. Kamu juga bisa menjelaskan bahwa tidak tahan dengan orang yang kerjanya lama, sehingga kamu dianggap berdedikasi untuk menyelesaikan sesuatu.

2. Sampaikan kelemahan dan cara mengelolanya

Misalnya, kamu punya kelemahan ceroboh atau kurang teliti. Kemudian, kamu menjelaskan bahwa melakukan berbagai cara, seperti menggunakan pengingat, aplikasi, atau membuat daftar supaya tidak ada hal yang terlewat. Menggunakan alat atau cara yang kreatif menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang peka, proaktif, dan punya kemauan menghadapi masalah.

3. Jangan gunakan kelemahan yang sudah berhasil diselesaikan

Memberitahukan kelemahan yang sudah bisa kamu selesaikan berarti melakukan kebohongan. Sebab, hal itu bukan menjadi masalah bagi dirimu lagi.

Demikian¬† Cara Menjelaskan “Apa Kelemahan Anda” Saat Interview Kerja ini dikutip dari Okezone.com.

download_gratis_soal_psikotes_pdf2

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

48 ÷ = 6

Share