Contoh Curriculum Vitae (CV) Yang Menarik

Kita akan bahas bagaimana Contoh CV yang menarik versi blog ini. CV adalah singkatan dari Curriculum Vitae merupakan Contoh Resume yang akan digunakan untuk melamar sebuah pekerjaan. Contoh resume kerja yang di postingan ini berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil googling di internet.

CV daftar riwayat hidup sangat diperlukan ketika hendak melamar sebuah pekerjaan di perusahaan. Belakangan ini CV dianggap sangat penting bahkan menjadi penentu bagi seorang pelamar sebab CV memiliki persentase yang cukup besar dalam hal penerimaan kerja di instansi. Jika anda membuat CV yang di ketik maupun tulis tangan harus dibuat sebagus mungkin.

Contoh daftar riwayat hidup atau CV yang dibuat dengan jujur dan menarik, mungkin dapat menjadi daya tarik dan nilai tambah tersendiri bagi HRD, juga yang menjadi perhatian bukanlah soal CV semata, karena sebagus apapun CV tersebut jika tidak diimbangi dengan skill, sikap dan pendidikan mumpuni belum tentu juga mendapat perhatian khusus oleh tim rekrutasi.

Cara membuat CV yang menarik

Curriculum Vitae adalah Daftar Riwayat Hidup yang menggambarkan diri Anda yang sesungguhnya. Jika anda mampu membuat CV yang efektif dan menarik akan memperlebar kesempatan anda menemukan pekerjaan idaman.

Baca juga: Contoh soal psikotes lengkap dengan jawabannya

Sebelum anda dipanggil untuk tes, CV menjadi cara pertama yang dilihat perusahaan dari pelamar. CV yang bagus akan mendapat kesan pertama bagi HRD mengenai anda. Ibaratnya apa yang kita tulis di CV adalah usaha kita dalam self-branding dan memasarkan keahlian diri sehingga kita terpilih menjadi orang yang tepat dalam mengisi posisi kerja yang dibutuhkan. Jadi buatlah CV yang efektif dan menarik untuk meningkatkan kesempatan anda dalam mendapatkan pekerjaan. Lalu bagaimana cara membuat CV yang efektif, menarik dan menjual?

Sebelum membahas cara membuat CV yang menarik, kita akan cari tahu apa itu CV dan Resume?

CV atau Resume adalah sebuah dokumen singkat dan padat yang menjelaskan secara ringkas mengenai diri Anda, apa saja pencapaian yang telah Anda lakukan di masa lalu, bagaimana relevansi pengalaman Anda terhadap posisi pekerjaan yang dilamar, dan apakah Anda orang yang tepat untuk dipilih diantara ribuan kandidat lainnya. Intinya, CV merupakan gambaran personifikasi diri dalam tulisan. CV yang baik adalah dimana pembaca CV tersebut dapat membayangkan dengan baik sang pembuat CV sebelum bertemu langsung secara fisik.

Apa saja yang harus dicantumkan dalam sebuah CV?

Berikut ini data yang wajib anda tampilkan ketika membuat sebuah CV yang menarik

  • Data Pribadi, berisi nama lengkap, alamat rumah, email, nomor telpon dan identitas pribadi lainnya.
  • Pendidikan, bagian ini menjelaskan latar belakang pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Cantumkan pendidikan formal maupun non formal khusus yang Anda ikuti.
  • Pengalaman Kerja, bagian ini paling sering diperhatikan oleh perusahaan yang merekrut. Jelaskan secara detail apa yang Anda kerjakan, nama perusahaan tempat kerja sebelumnya, posisi Anda, dan pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari (job description).
  • Keterampilan Yang Dimiliki. Jelaskan juga apa saja yang Anda miliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Sebisa mungkin hindari penulisan keterampilan seperti: mampu berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja dalam tim, cepat belajar hal yang baru. Penjelasan seperti itu tidak memberikan nilai tambah karena semua kandidat juga melakukan hal yang sama. Mungkin dalam bagian ini Anda bisa menambahkan keterampilan Anda dalam berbahasa lebih dari sau bahasa atau keterampilan dalam menggunakan applikasi-aplikasi komputer.
  • Training Yang Pernah Diikuti. Cantumkan daftar pelatihan/training yang pernah Anda ikuti untuk memberi gambaran sejauh mana perkembangan dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki. Pilihlah pelatihan yang relevan dengan posisi yang dituju.
  • Prestasi. Ini penting, disamping pengalaman kerja Anda bisa menjelaskan secara singkat prestasi di pekerjaan, pendidikan ataupun dalam bidang kemasyarakatan lainnya. Prestasi di bidang kemasyarakatan atau hal-hal di luar pekerjaan juga menarik bagi seorang rekruter untuk digali lebih jauh.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler, berikan sedikit gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini akan menunjukkan bahwa Anda bisa membagi waktu dan memiliki wawasan yang lebih luas, tidak hanya sebatas pekerjaan.

 

Tips membuat CV yang menarik

Beberapa tips ini mungkin dapa membantu anda dalam membuat CV yang menarik;

  • Rapi dan Mudah Dibaca
  • Memberikan Informasi Lengkap
  • Disajikan Secara Ringkas
  • Konsistensi Karir. Kunci penting yang menentukan untuk dihubungi oleh pihak perusahaan menuju tahapan rekrutmen berikutnya. Pihak perusahaan lebih memilih specialis dalam bidang tertentu untuk mengisi posisi yang lowong.
  • Karir Progresif. Ketika Anda sudah menjadi spesialis di satu bidang, keputusan untuk menuju tahap rekrutmen berikut biasanya akan lebih mudah diambil oleh pihak perusahaan kalau apabila Anda menjalani karir yang progresif. Karena disinilah indikator paling nyata apakah Anda mampu memberikan performa kerja terbaik dalam spesialisasi yang dipilih yang berarti pula mendapat ganjaran berupa promosi jabatan kalau memang berprestasi.
  • Achievement. Jangan pernah ragu untuk mencantumkan pencapaian prestasi yang diukir dalam tiap jabatan atau posisi yang ditempati sebelumnya. Inilah kesempatan terbaik untuk menjual bukti kemampuan dan kompetensi yang sesungguhnya kepada pihak perusahaan yang merekrut.
  • Custom Made. Yang dimaksud custom made disini adalah mengubah dan menyesuaikan CV atau resume agar sedapat mungkin menunjukkan kepada pihak perusahaan yang merekrut bahwa kemampuan dan kompetensi yang Anda miliki memang menyamai atau mendekati persyaratan kerja yang dicari oleh pihak perusahaan.

Ada satu hal yang dilupakan ketika seseorang membuat CV, yaitu untuk siapa CV itu dibuat atau dengan kata lain “siapa sih yang bakal membaca CV tersebut ?”, dengan demikian aplikan mengetahui apa sih maunya calon bos tersebut. Umpamanya kalau kita ingin juara di pertandingan sepak bola, kita harus mengetahui siapa calon musuh kita. Kemudian kita menentukan strategi mana yang paling tepat untuk menghadapinya. Bertahan lalu menyerang balik atau dari awal sudah melakukan penekanan ke daerah pertahanan lawan. Lain musuh lain strategi, itu mungkin poin nya.

Sekarang pertanyaannya adalah siapa calon bos kita? Bagaimana umumnya karakter mereka ?.

Strateginya :

  1. Teliti persyaratan kualifikasi yang diminta
  2. Jawab semua persyaratan tersebut melalui CV, berarti lain lowongan lain CV
  3. Buat CV yang ringkas dan gampang difahami, namun langsung ke sasaran yang mereka mau
  4. Masukan hanya hal-hal yang ada hubungannya dengan kepentingan bisnis mereka
  5. Nyatakan bahwa kita menguasai semua lingkup kerja kita
  6. Cari lebih banyak lagi info tentang calon bos/ perusahaan yang dituju sehingga kita bisa membuat strategi bermain yang lebih baik.

Sebagai pelengkap, sang pelamar harus pintar-pintar membuat “sinyal” atau “sentuhan” yang bisa membuat calon bos/ perusahaan merespon CV nya. Atau pada saat wawancara Anda arahkan pertanyaan mereka mengenai hal-hal yang Anda kuasai jawabannya. Usahakan jawaban Anda tidak menimbulkan lagi pertanyaan bagi pewawancara.

Contoh Curriculum Vitae

Berikut beberapa contoh format CV dan template CV yang sangat menarik saya peroleh melalui link ini: http://adf.ly/sD5Gi

Contoh CV

 

Contoh CV

 

Contoh CV

 

Contoh CV

Contoh lainnya:

Contoh CV

 

Contoh CV

Demikianlah informasi tentang Contoh CV yang menarik semoga dapat membantu.

You may also like...

2 Responses

  1. Wahyu_R2 says:

    Tips nya bermanfaat sekali. Menggaet pewawancara dengan desain CV yang menarik. Ide yang bagus.

  2. wah makasih mas, mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 5 = 15