Contoh Soal Psikotes Gambar dan Jawabannya PDF

Soal psikotes atau soal tes psikologi adalah sebuah tes untuk mengetahui potensi seseorang mengenai bakat, intelegensi, skill maupun kepribadian seorang, semua itu akan terlihat jelas dari jawaban psikotes yang dikerjakan. Tes psikotes saat rekrutmen sering disebut dengan tes psikologi.  Psikotes secara umum digunakan dalam proses rekrutmen karyawan baru, mahasiswa baru, pegawai pemerintahan dan sebagainya.

Soal-soal psikotes yang digunakan untuk rekrutmen sangat beragam bentuknya. Hampir disemua perusahaan menggunakan psikotes dalam menjaring tenaga kerja baru.

Perusahaan yang dimaksud seperti perusahaan Migas, Pertambangan, Perbankan, Perusahaan Daerah, Perusahaan Asing maupun Perusahaan Swasta Nasional. Nah, jika kamu melamar di salah satu perusahaan tersebut maka bersiap-siaplah menghadapi soal ujian psikotes yang sangat banyak.

Untuk itu saya akan mempersiapkan beberapa contoh tes psikotes kerja, tips dan trik  mengerjakan psikotes ini yang digunakan untuk tes di perusahaan-perusahaan tersebut. Diantara soal-soal tes psikotes yang saat ini populer atau sering digunakan pada saat tes adalah :

– Psikotes gambar
– Psikotes warteg test
– Psikotes gambar pohon
– Psikotes menggambar orang

Mari kita bahas satu persatu.

1. Tes Psikotes Menggambar

Sebelumnya coba kamu perhatikan gambar dalam kotak-kotak kecil di bawah ini!

contoh wartegg test

Tes menggambar di atas dinamakan soal psikotes Warteg. Tes ini digunakan untuk megetahui kreatifitas dan imajinasi. Tugas kamu adalah menyempurnakan potongan-potongan gambar yang ada didalam kotak tersebut dalam waktu yang telah ditentukan, lalu memberi nomor urutan gambar mana yang paling mudan dan paling sulit kamu selesaikan dan gambar manakah yang paling kamu sukai dan yang tidak paling kamu sukai. Gambar yang dihasilkan setiap orang pasti berbeda-beda sesuai dengan imajinasi masing-masing.

Caranya mengerjakannya: Lihat kotak nomor satu berupa tanda titik. Tanda titik tersebut bisa untuk menggambar jam dinding, anak panah yang menancap dan sebagainya. Begitu juga gambar sterusnya yang harus disempurnakan.
Pembahasan lebih mendetail tentang soal psikotes warteg ini silahkan lihat pada link artikel: http://luluspsikotes.com/soal-psikotes-warteg.html

2. Psikotes Gambar Pohon

Gambar pohon untuk psikotes ini sering juga disebut dengan Tree Test, fungsi tes ini sama halnya dengan soal psikotes warteg. Cuma penekanannya lebih kepada tes untuk mengetahui kehidupan sosial kamu. Pada tes ini kamu di perintahkan untuk menggambarkan sebatang pohon yang berkambium, contoh pohon yang berkambium adalah gambar pohon nangka, pohon pinus, pohon jati, pohon mahoni dan sejenisnya. Kamu tidak diperbolehkan menggambar semak belukar, pohon kelapa, pohon jagung, pohon pisang, ataupun sejenisnya.

Pohon berkambium adalah jenis tanaman yang memiliki inti tengahnya. Tujuan tes ini untuk mengetahui tingkat daya nalar, imajinasi, kreatifitas dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Penilaian tes menggambar pohon dilihat dari tekanan goresan pada kertas, ukuran gambar, posisi gambar, bentuk batang, bentuk daun dan lain-lain.

Selengkapnya mengenai cara gambar pohon silahkan lihat pada link ini: http://luluspsikotes.com/soal-psikotes-baum-test-tes-menggambar-pohon.html

3. Psikotes Menggambar Orang

Pada psikotes gambar orang kamu diperintahkan untuk menggambar orang yang sedang beraktifitas atau sedang bekerja, lalu ditanyakan apa pekerjaan yang di lakukannya, umurnya berapa dan lain-lain. Gambar psikotes orang bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan, karakter dan kepribadian seseorang berdasarkan gambar yang dibuat, selain itu juga untuk mengetahui suasana hati si penggambar. Sehingga gambar orang di psikotes ini termasuk tes psikologi grafis.

Selengkapnya mengenai arti psikotes menggambar orang dapat anda simak di sini: http://luluspsikotes.com/tes-menggambar-orang-tes-dap.html

Semua soal psikotes gambar ini kelihatannya sangat mudah dikerjakan, tetapi jika kamu tidak bisa pasti tidak lulus. Tahukah kamu makna dibalik soal psikotes gambar ini? Ya, semua karakter kepribadian seseorang dengan mudah akan diungkapkan secara jelas dari setiap goresan dan tekanan pensil, bentuk gambar dan tingkat imajinasi gambar yang kamu buat.

Soal Psikotes PDF Gratis

Sebagai latihan awal silahkan kerjakan beberapa contoh soal psikotes pdf gratis yang bisa didownload secara gratis pada artikel soal tes psikotes pdf gratis ini http://luluspsikotes.com/download-soal-psikotes-pdf-gratis.html

Masih banyak lagi Rahasia Tips dan Trik mengerjakan psikotes yang harus kamu tahu sebelum mengikuti ujian Psikotes Perusahaan agar dapat lulus dengan mudah.

Tips Agar Lulus Psikotes

Ada banyak cara agar bisa lulus psikotes, beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar sukses menghadapi soal-soal psikotes diantaranya adalah :

  • Percaya diri dan selalu optimis. Tips ini jangan diremehkan begitu saja, persiapkan fisik dan mental dalam mengerjakan soal psikotes cpns dan penerimaan karyawan baru akan sangat membantu memberikan sugesti positif. Dibutuhkan rasa kepercayaan diri yang tinggi , bila pada awalnya sudah pesimis dalam mengerjakan soal, tentu akan membawa pengaruh buruk terhadap diri saat mengerjakannya.
  • Sering berlatih mengerjakan soal-soal. Soal latihan yang sudah saya berikan pada dasarnya hampir sama bentuknya hanya saja dibedakan dalam bentuk dan cara yang berbeda. Meskipun intinya soal adalah sama. Jadi perbanyaklah belajar dan berlatih soal untuk memudahkan anda mengerjakannya pada saat mengikuti tes.
    Fokus dan konsentrasi. Konsentrasi, ketelitian dan ketenangan merupakan strategi terpenting, tanpa ini hasil yang diharapkan akan jauh dari kenyataan. Kepandaian dan kecerdasan tanpa ketelitian serta ketenangan memberikan hasil yang tidak memuaskan.
  • Berdoa dan perbanyak sedekah. Berdoa merupakan langkah pertama yang mesti dilakukan dan juga hal terakhir ketika mengakhiri segala aktifitas. Sertai do’a dan usaha sebagai wujud nyata kelemahan diri dihadapan Tuhan dengan mengharapkan petunjuk dan kemudahan demi mencapai kesuksesan.

 

Terimakasih telah membaca artikel Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya. Walaupun sedikit pembahasannya kiranya dapat menambah wawasan seputar soal-soal psikotes sebelum menghadapi ujian psikotes kerja yang sesungguhnya. Jangan lupa komennya di kotak komentar di bawah.

PANDUAN MUDAH SOAL PSIKOTES Lengkap dengan jawaban dan pembahasannya. Cek di sini dapatkan sekarang sebelum kehabisan.

You may also like...

12 Responses

  1. sontanius says:

    keren aq ikut donk

  2. Teguh Maryadi says:

    Siip . Gak tau jadi tambah tau .. Thank’s

  3. dikmandoang says:

    haturnuhun bos infonya

  4. elly says:

    Minta contoh test wartegg yang udah jadi gambar dong

  5. Yasin Ahmad says:

    untk download software psikotest nya link nya sebelah mana ?

  6. Terimakasih, bismillah 🙂

  7. cie bunny says:

    matursuwun ya min ^ ^

  8. keren boooos coba liat blog ane sama saran yeeee

  9. sadualhee says:

    PPC Sitti itu asli Indonesia mas. Semua iklannya dari Indonesia. Thanks udah mampir

  10. waw keren contoh soalnya bos… boleh tanya ga bos klo ppc siti tu asli indonesia apa luar sih bos..

  11. TM Johan says:

    Kira-kira kalau yg ikut tes CPNS pasti puyeng!!!…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

81 ÷ 27 =