Contoh Soal Psikotes Spasial

Psikotes spasial sangat berhubungan dengan visualisasi, tujuannya adalah mengetes kemampuan anda memvisualisasikan suatu benda atau gambar dan membuat pengertiannya dalam bentuk simbol-simbol. Soal-soal psikotes spasial identik dengan soal psikotes gambar.

Soal-soal psikotes spasial terdiri dari psikotes gambar, contoh soal psikotes kerja ini sering digunakan pada seleksi penerimaan untuk calon karyawan yang berhubungan dengan desain, ilustrasi, arsitektur, penerbitan, dan teknologi. Contoh soal psikotes semacam ini juga dapat digunakan untuk memilih pelamar dalam pekerjaan tertentu yang berhubungan dengan hal yang teknis dan kerajinan.

Pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada tes penalaran spasial mencakup kemampuan dalam pencocokan bentuk, rotasi bentuk, menggabungkan bentuk, dimensi kubus 3 dimensi, dan manipulasi bentuk padat lainnya dalam 2 dan 3 dimensi.

Contoh Soal Psikotes Spasial

Soal psikotes ini mirip dengan seri angka maupun seri huruf. Anda diminta untuk menganalisa gambar apa yang akan menjadi gambar lanjutan dari sederet gambar yang ada. Adapun tes gambar (spasial/ruang) ini memiliki 5 jenis soal. Yaitu tes seri gambar, identifikasi gambar, hubungan gambar, bayangan gambar dan pengelompokan gambar. Contoh psikotes spasial seperti di bawah ini.

Carilah gambar lanjutan dari sederet gambar berikut:

Baca juga: Contoh soal psikotes lengkap dengan jawabannya

Contoh soal psikotes spasial

Jawaban: ( D ) Titik di dalam kotak berkurang satu. Pada baris ke tiga, titik dalam kotak terakhir hanya satu, berarti gambar selanjutnya tanpa titik

Contoh lainnya:

Contoh soal psikotes spasial

Banyak soal psikotes spasial seperti ini kelihatannya sangat sulit dikerjakan, padahal jika anda tahu trik menjawabnya sangat mudah dan dapat diselesaikan dalam waktu relatif singkat. Demikianlah dua contoh soal psikotes spasial.

Demikianlah informasi tentang Contoh Soal Psikotes semoga dapat membantu.

You may also like...

5 Responses

  1. Server says:

    Bukan rahasia lagi lho, kalau soal psikotes yang dipakai hampir seluruh perusahaan bonafit di Indonesia ini pake

  2. Kusnandar says:

    Thanks gan artikel yang sangat bermanfaat

  3. PUGO JAYA says:

    pas bgt nih kebetulan mau test cpns juga nih, saran dong mba

    rutinitas BW "blogwalking" harus terus dijaga ya guys

  4. riyo irawan says:

    Menarik..tp kurang banyak soalnya….

  5. Maghi NanZ says:

    Info yang menarik