Gaji Pegawai Baru Freeport Rp 20 Juta?

Merdeka.com. Isu gaji mewarnai aktivitas karyawan PT Freeport Indonesia. Serikat Pekerja sejak Juni intensif menggelar unjuk rasa menuntut kenaikan upah dan fasilitas kesejahteraan selepas puluhan rekan kerja mereka tewas tertimbun longsoran gua di area Big Gossan, tambang unit Grasberg, Papua, lima bulan lalu.

Freeport merupakan perusahaan tambang yang mengeruk emas Indonesia di Papua. Sebagai perusahaan tambang terbesar di Tanah Air, gaji karyawan perusahaan berinduk di Amerika Serikat ini disebut-sebut sangat besar.

Kabar soal gaji itu terbukti dari hasil perbincangan dengan Ketua Serikat Pekerja Freeport Indonesia Sudiro. Dia menceritakan untuk lulusan Strata 1, alias fresh graduate, Freeport bersedia menggaji mereka hingga Rp 20 juta per bulan. Para pekerja dengan pengalaman nol tahun disebut karyawan tingkatan Pratama.

Gaji pokoknya sebesar Rp 8 juta ditambah tunjangan beberapa jenis, sehingga penghasilan saban bulan mencapai Rp 20 juta. “Terbawah (gaji) Pratama gaji pokok Rp 8 juta sekian tingkat Pratama. Kalau take home pay Rp 20 juta. Itu ada tunjangan produksi, tunjangan lainnya,” kata Sudiro di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (22/10).

Baca juga: Contoh soal psikotes lengkap dengan jawabannya

Untuk tingkatan selanjutnya, pegawai Freeport yang lebih berpengalaman disebut karyawan Muda. Biasanya, yang memiliki jabatan tingkat Muda bertugas sebagai pengawas. Namun demikian Sudiro tidak mengetahui berapa besaran gaji yang diterima.

“Saya saja masih Pratama, tapi bisa saja naik jadi tingkatan Muda tergantung perusahaan. Gajinya saya tidak tahu,” ungkapnya.

Selanjutnya tingkat karyawan di perusahaan tambang emas tersebut adalah Madya. Mereka yang masuk dalam level ini hanya jajaran direksi, termasuk Presiden Direktur. “Madya itu sudah tingkat utama presiden direktur saya tidak tahu (gajinya),” ujar Sudiro.

Setelah berunding soal gaji dan tambahan fasilitas beberapa kali, hari ini direksi dan serikat pekerja sepakat soal kenaikan gaji. Disebut-sebut, upah pekerja Freeport melonjak 20 persen untuk periode 2013-2015.

Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPKEP-SPSI) cabang PT Freeport Indonesia adalah salah satu organisasi buruh tambang terbesar dan terkuat di Tanah Air. Total karyawan Freeport Indonesia di Papua mencapai 24.000 orang, dengan tiga perempatnya bergabung dalam serikat pekerja.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 1 =