3 Jawaban cerdas interview kerja “Mengapa anda pantas bekerja disini?”

Mengapa anda pantas bekerja disini?” Sebagian besar fresh graduate pasti akan merasa kesulitan bahkan bingung kira-kira jawaban seperti apa yang tepat untuk pertanyaan interview kerja yang satu ini. Kita akan membahasnya secara mendalam agar jawaban yang anda berikan memberikan nilai yang lebih bagi HRD untuk mempertimbangkan anda dibandingkan dengan kandidat lainnya.

Cara menghadapi interview kerja ini yaitu memberikan alasan yang tepat mengapa anda pantas atau layak bekerja di perusahaan tersebut. Berikan jawaban yang menekankan ketertarikan anda bergabung dengan perusahaan pilihan anda. Oleh sebab itu persiapan interview kerja dengan matang sangat penting terutama bagi fresh graduate.

Inilah 3 alasan utama ataupun jawaban cerdas yang harus anda persiapkan dan wajib dikuasai sebelum ditanya HRD :

1. Katakan kepada HRD bahwa anda sesuai dengan kualifikasi!
Bagaimana cara mengatakannya?

Baca juga: Contoh soal psikotes lengkap dengan jawabannya

“Bapak memanggil saya disini tentu sudah mempelajari CV saya sebelumnya, dan ketika bapak mempelajari CV saya, otomatis kualifikasi saya sebagian besar cocok dengan lowongan ini sehingga bapak memanggil saya untuk interview.” Nah jika tidak sesuai dengan kualifikasi pasti tidak dipanggil interview kan? Misalnya HRD mencari lulusan Diploma III, umur maksimal 25 tahun, jenis kelamin pria dan kebetulan anda cocok. Yang pasti selama kualifikasi yang dilowongan kerja itu sesuai pasti anda akan dipanggil interview.

2. Katakan pengalaman anda cocok di bidang ini!
Bagaimana cara mengatakannya?

“Secara pengalaman saya pernah memiliki pengalaman di bidang yang sama, tentunya hal ini sangat memudahkan saya di posisi yang sedang dibuka. Dengan pengalaman tersebut saya akan mudah mengaplikasikan ilmu yang sudah saya miliki untuk bekerja lebih baik lagi dibandingkan dengan orang-orang yang baru lulus ataupun kandidat lainnya. Jika bapak memberikan tugas-tugas diposisi tersebut saya dengan sangat mudah beradaptasi dengan pekerjaan tersebut dan saya mampu mengerjakannya lebih baik dari orang lain.”

Itu kan jawaban bagi yang sudah berpengalaman kerja? Bagaimana jika masih fresh graduate? Baca lagi jawabannya pada poin ke tiga berikut ini!

3. Ceritakan kelebihan dan latar belakang pendidikan anda!

Coba cek lagi apakah anda memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan persyaratan? Misalnya untuk posisi admin cek apakan anda DIII adm atau SMK adm? Apakah nyambung dengan posisi yang anda lamar? Jika ia bagaimana cara mengatakannya?

“Pertama saya saya sesuai dengan kualifikasi, yang kedua latar belakan pendidikan saya sesuai dengan posisi yang sedang saya lamar, kebetulan bapak membuka lowongan adm dan saya memiliki latar belakang adm perkantoran. Sehingga saya memiliki ilmu yang bisa saya aplikasikan di posisi tersebut. Dan ini sangat memudahkan saya untuk bekerja dan dapat memberikan saya kelebihan atau keunggulan dibandingkan dengan kandidat yang lainnya yang tidak memiliki latar belakang pendidikan tersebut.”

Jika latar belakang pendidikannya tidak sama bagaimana? Gampang! Gunakan kelebihan atau skill yang anda miliki, cari posisi tersebut kira-kira dibutuhkan orang seperti apa? Apakan keahlian tersebut ada pada diri anda?
Contoh misalnya pada posisi marketing, pasti dibutuhkan orang yang mampu bernegosiasi, pintar bicara, mudah beradaptasi, bisa face to face dengan orang lain, dan pantang menyerah. Dengan sifat-sifat tersebut mana yang paling cocok dengan anda? Jadikan itu sebagai kelebihan atau skill yang anda tawarkan ke perusahaan tersebut.!

Bagaimana cara mengatakannya?

“Saya memiliki kelebihan disisi komunikasi, dimana saya tahu komunikasi sangat penting bagi seorang marketing.”
Jika anda pandai berkomunikasi, gunakan alasan ini mengapa anda pantas diterima, dimana komunikasi sangat penting bagi seorang marketing.

“Sehingga ketika nanti saya bekerja dengan keahlian yang saya miliki akan mempermudah saya memenuhi target-target yang diberikan perusahaan”

Menjawab pertanyaan semacam ini jangan sampai minder tetapi harus pede. Persiapkan jawabannya dirumah dengan baik bila perlu harus dihafal. Jangan sekali-kali mempersiapkannya ketika mau tes interview kerja. Jika HRD menanyakan anda akan langsung ingat sehingga orang lain yang interview bareng anda akan tersingkir semua.

Pertanyaan apapun yang diajukan HRD intinya adalah untuk mengetahui calon karyawan tersebut tepat untuk posisi tersebut atau tidak. Setiap pertanyaan dibuat sedemikian rupa untuk menggali sikap, intelegensi dan skill pelamar, apakah tiga hal ini cocok dengan budaya perusahaan jika diterima nantinya.

Bagaimana? Apakah anda punya pengalaman yang sama dengan pertanyaan dan jawaban interview kerja seperti ini? Ceritakan pengalaman yang telah anda lalui selama interview kerja pada kotak komentar postingan ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 33 = 37