Pengalaman psikotes Astra Group (PT AHM)

Informasi ini penting untuk anda yang sedang/akan mengikuti rekrutmen di Astra Group. Disini saya akan memberikan informasi seputar contoh soal psikotes Astra Intrnasional. Dimana informasi soal tes Astra ini saya kumpulkan dari beberapa rekan blogger yang pernah mengikuti tes masuk Astra.

Seiring dengan perkembangan skala usahanya, PT Astra International Tbk saat ini memiliki lebih dari 222.000 karyawan pada lebih dari 190 anak perusahaan, perusahaan asosiasi dan pengendalian bersama entitas yang tergabung dalam Grup Astra. Secara umum, bidang usaha Grup Astra dikelompokan kedalam enam segmen usaha, yaitu Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur, Logistik dan Lainnya, dan Teknologi Informasi. Nilai kapitalisasi pasar PT Astra International Tbk ditutup di penghujung tahun 2015 sebesar Rp 300,6 triliun.

Dengan jumlah bidang usaha yang sangat banyak, ini sangat membuka peluang bagi lulusan baru untuk memilih perusahaan mana kira-kira yang cocok dengan kualifikasi pendidikan maupun skil anda saat ini. Untuk melihat lowongan terbaru dari Astra silahkan kunjungi web: https://astra.co.id/Career/Vacancies.

Tentu untuk dapat bekerja di perusahaan ini anda wajib mengikuti beberapa tahapan tes masuk penerimaan calon karyawan baru. Diantara serangkaian tes yang sering dilakukan adalah ujian psikotes. Soal psikotes Astra ini adalah sharing pengalaman beberapa Blogger dan Kaskuser yang pernah mengikuti psikotes Astra Group.

Baca juga: Contoh soal psikotes lengkap dengan jawabannya

Oke langsung saja. Salah satu sumber psikotes Astra International saya ambil dari blog https://bruangku.wordpress.com.

Tes masuk Astra meliputi psikotes gambar yaitu tes masuk kerja yang pernah saya bahas di artikel 3 soal psikotes yang sering keluar saat psikotes kerja dan serangkaian tes lainnya seperti  ini:

soal-psikotes-astra

Word Meaning, yaitu mencari arti kata dalam soal yang tidak memiliki persamaan dan huruf dalam kata diacak (di encrypt).

Contohnya: (a) kangbu (b) jema (c) mareli (d) bilom (e) imepatturd. Setelah di-decrypt menjadi : (a) bangku (b) meja (c) lemari (d) mobil (e) tempattidur

Kata manakah yang tidak memiliki kesamaan? jawabannya adalah (d) mobil.

Word Fluenvy, yaitu memilih kata yang memiliki hubungan paling dekat dengan kata dalam soal.

Contohnya RODA = Kursi, Putar, Listrik

Verbal Reasoning, yaitu dua pernyataan yang perlu anda analisis tingkat kebenaran dan kesalahannya, jika kedua pernyataan benar jawab (a), jika kedua penyataan salah jawab (b) dan jika kedua penyataan tersebut tidak dapat ditentukan benar atau salah maka jawab (c).

Contohnya: (pernyatan 1) Kucing memiliki ekor dan kucing mamalia, (pernyataan 2) beberapa mamalia tidak memiliki ekor. Maka jawaban pernyataan yang benar adalah (a).

Verbal Analisis, yaitu bentuk soal yang berisi mengenai sejumlah informasi dimana anda harus memilih salah satu alternatif yang tersedia.

Contohnya: ada 4 pot berwarna merah, kuning, hijau dan biru. Pot warna merah tidak bersebelahan dengan kuning dan pot warna hijau tidak bersebelahan dengan merah.

Maka alternatif penyusunan yg memungkinkan adalah : (c) Merah biru kuning hijau

Number Series, berupa soal deret angka seperti soal aritmatika dan deret geometri.

Figure Reasoning, adalah mencari bayangan cermin dari gambar soal yang ditentukan.

Contoh sederhananya: gambar soalnya tangan kiri, dari 5 jawaban tersebut mana gambar yang bayangan cermin dari tangan kiri (yaitu tangan kanan). Gambar kelima jawabannya itu tidak akan sejajar dengan gambar soal alias gambar kelima jawabannya diputar-putar dengan beragam posisi.

Spatial Reasoning, adalah tes spasial yaitu tes yang mencakup dalam mencocokkan bentuk, rotasi bentuk, menggabungkan bentuk, dimensi kubus 3 dimensi, dan manipulasi bentuk padat lainnya dalam 2 atau 3 dimensi.

Verbal Memory, tes menghafal cepat dalam 2 menit. Lalu anda akan ditanya seputar kata-kata yang anda hafal tersebut.

Contohnya:

  • Nama= Nanda Rahmawati; Alamat =Jl Pukis salam no 35; Usia =20 tahun; Orang tua = Samsyudin dan Karen
  • Nama= Raymond Adhitia; Alamat =Jl Soekarno hatta no 45; Usia =29 tahun; Orang tua = Smith dan Lucy
  • Nama= Jaka Sutipra; Alamat =Jl Walayu III no 19; Usia =35 tahun; Orang tua = Adolf dan Maria

Pertanyaannya: Siapa yang tinggal di Jalan Sokarno Hatta? Siapa yang paling tua? Apakah istri Syamsuddin adalah Maria? siapa nama ayah Jaka Sutipra?

Astra Personality Type Inventory, adalah sejenis tes personality (kepribadian) calon karyawan atau sering disebut tes EPPS. Pada umumnya saat tes epps kita akan diminta untuk memilih kecenderungan (yang kita sukai) atau sifat yang melekat pada diri kita sendiri diantara 2 pernyataan. Terkadang ke-2 pernyataan tersebut tidak ada yang kita sukai atau merupakan sifat kepribadian kita, kita tetap harus memilih salah satu yang mendekati diri kita.

Astra Work Interest Inventory, Memahami minat dalam pekerjaan. Inventory ini akan mempelihatkan jenis karir yang akan memuaskan bagi si calon karyawan. Disitu ada 5 kolom pilihan yang harus dipilih – yaitu: STS (sangat tidak setuju) TS (tidak setuju) R (ragu – ragu) S (setuju) SS (sangat setuju).

Contoh pertanyaannya : Apakah anda seorang pembohong? dsb.

Bekerja di Astra adalah tempat yang bagus untuk belajar. Karena jika anda suatu saat keluar/resign dari perusahaan ini hedak pindah ke perusahaan lain, value anda menjadi lebih besar. Untuk Ilmu dan pengembangan kompetensi, Astra adalah salah satu tempat yang tepat.

Itulah beberapa bentuk soal tes psikotes yang sering keluar dalam tes psikotes AHM. Apakah anda punya pengalaman yang sama dengan psikotes Astra? Bagikan pengalaman anda pada kolom komentar di bawah, mungkin bermanfaat bagi pembaca blog ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

38 − 32 =