Pertanyaan wawancara kerja “Coba Ceritakan Tentang Diri Anda.!”

Pertanyaan wawancara kerja “Coba Ceritakan Tentang Diri Anda.!” – Pertanyaan ini yang paling sering ditanyakan pada awal job interview. Tips menjawab pertanyaan ini sebaiknya tidak lebih dari dua menit. Jika lebih dari dua menit, kemungkinan orang yang menginterview mulai bosan. Karena pertanyaan ini sering sekali keluar, sebaiknya Anda tulis jawabannya di kertas agar lebih mudah mengingatnya pada saat interview.

Di bawah ini ada beberapa contoh jawaban berdasarkan situasi pelamar kerja yang berbeda.

Situasi pertama: Jika akan masuk kembali ke bursa kerja setelah sekian lama tidak bekerja lagi, jawaban yang bisa diberikan adalah:

“Beberapa (bulan atau tahun) terakhir ini saya menjadi freelancer dalam beberapa proyek baik itu yang bersifat profit maupun sosial. Hal ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya terutama dalam mengasah kemampuan berorganisasi sekaligus skill bisnis saya. Saya optimis pengalaman saya selama ini di dapat menjadikan saya karyawan yang lebih efektif”

Situasi kedua: Jika Anda ingin pindah kerja dari tempat sebelumnya dan mencoba melamar di perusahaan baru, alternatif jawaban yang bisa anda berikan adalah:

“Setelah bekerja di … [sebutkan nama perusahaan/organisasi] selama [sebutkan masa kerja Anda] sebagai ….[sebutkan posisi] dan terus menaiki tangga karir di sana. Setelah melakukan beberapa evaluasi saya sadar bahwa saya harus mengubah arah karir untuk lebih memaksmialkan kemampuan pribadi saya sekaligus memberikan kemampuan saya pada perusahaan yang lebih relevan dengan kemampuan dan gairah pribadi saya. Karena itu sekarang saya ingin bekerja di Perusahaan/lembaga ini”

Situasi ketiga adalah Anda seorang Fresh Graduate dan ini adalah calon pekerjaan pertama Anda. Alternatif jawaban yang bisa Anda sampaikan: 

“Setelah lulus dari Universitas ABC dari jurusan … [sebutkan bidang studi Anda], saya menerima tawaran kerja dari beberapa lembaga/perusahaan. Namun tawaran tersebut tuntuk sementara harus saya tangguhkan karena saya ingin sekali memulai perjalanan karir di Perusahaan/lembaga ini. Anda tahu, betapapun tidak pastinya suatu cita-cita namun itu akan lebih menggairahkan daripada kepastian yang tidak terlalu kita inginkan. Karena cita-cita itulah saya memutuskan untuk melamar ke tempat Anda.”

Dalam praktik tentu saja akan terjadi banyak sekali kemungkinan kondisi—tidak terbatas pada tiga kondisi ini. Namun setidaknya ketiga skenario ini—lama tidak bekerja, ingin berpindah tempat kerja dan fresh graduate—bisa mewakili dari sekian banyaknya kemungkinan.
Anda bisa mengacu pada alternatif jawaban-jawaban ini dengan memodifikasinya sehingga lebih relevan dengan kondisi Anda dan perusahaan (juga pewawancara) yang Anda hadapi.

Ingat: ini adalah prolog! Selesaikanlah pertanyaan ini sesingkat dan sejelas mungkin karena kita tidak ingin kehabisan waktu dan melewatkan pertanyaan selanjutnya yang jauh lebih substansial dan menentukan.

Demikianlah artikel interview kerja ini semoga dapat menambah wawasan.

You may also like...

1 Response

  1. arfi ardian says:

    sangat membuka wawasan saya yang belum pernah wawancara kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

84 ÷ = 21

Share