Simulasi Sofware CAT CPNS

Software CAT CPNS adalah singkatan dari Computer Assisted Test yaitu sistem tes rekrutmen CPNS secara online menggunkan komputer. Jadi sekarang ujian tidak lagi menggunakan pensil 2B dan papan ujian seperti dalam sistem LJK, sistem CAT yang dibutuhkan hanya peralatan komputer dan sebuah software CAT yang disediakan oleh instansi terkait.

Materi CAT CPNS

Materi tes dalam software CAT CPNS diantaranya Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetisi Bidang. Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari sub materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

TWK adalah soal mengenai pondasi bernegara, seperti Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, tata negara dan sejarah nasional Indonesia. Soal tes TWK terdapat di mata pelajaran Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sementara TIU hanya numerik dan sistematis, sedangkan TKP nggak perlu belajar karena itu adalah sesuai karakteristik peserta. Tesnya menyangkut tingkat kemampuan beradaptasi, orientasi terhadap pelayanan.

Tes TKD berdurasi 95 menit dengan total jumlah soal 100 soal. Antara lain TWK sebanyak 35 soal, TIU sebanyak 30 soal dan TKP 35 soal.

Nilai minimum TWK adalah 105, TIU dengan nilai 75 dan TKP dengan nilai 70. Jadi total nilai minimum supaya lolos 250. Kalau salah satunya kurang dianggap gagal.

Latihan CAT CPNS

Untuk melatih penggunaan software soal CAT CPNS ini sudah saya sediakan juga software CAT CPNS yang bisa anda download gratis di akhir postingan ini, tapi sekarang kita lihat simulasinya.

  1. Setelah download buka file rar. double klik pada Aplikasi Simulasi CAT.exe.
  2. Mulailah mengerjakan soal dengan mengklik salah satu bulatan jawaban.
  3. klik “simpan dan lanjutkan” untuk soal berikutnya. Dikotak bawah terdapat kotak-kotak hijau dan merah. Hijau berarti sudah dijawab sedangkan merah belum dijawab.
  4. Bila sudah dijawab semua klik pada “selesai ujian” untuk melihat skor jawaban anda.
PANDUAN MUDAH SOAL PSIKOTES Lengkap dengan jawaban dan pembahasannya. Cek di sini dapatkan sekarang sebelum kehabisan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× 4 = 36

Share