Tips Agar Tidak Frustrasi Meski Ditolak Kerja

Mungkin anda termasuk yang gagal berkali-kali sebelum mencapai kesuksesan. Begitu juga dengan fresh graduate (lulusan baru) saat mencari kerja. Tidak semua orang beruntung mendapatkan pekerjaan idaman pada lamaran kerja pertama.

Kebiasaannya, reaksi pertama seseorang jika lamaran kerja ditolak adalah menurunnya semangat. Jika dibiarkan, motivasi meraih pekerjaan impian pun bisa pupus tak bersisa.

Oleh karena itu, daripada murung, sangat banyak cara positif yang bisa dilakukan untuk menanggapi penolakan kerja ini.

Seperti dilansir Okezone.com, berikut ini beberapa tips agar anda tidak frustasi meski ditolak kerja pertama kali:

Bersikap Tenang

Terkejut boleh saja, tetapi jangan sampai amarah menguasai ketika berkali-kali menerima penolakan. Apalagi sampai menganggap diri sendiri tidak pantas dan tidak akan mendapatkan pekerjaan.

Ingat saja, banyak faktor yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam menerima karyawan baru. Bisa jadi, mereka memang dalam kondisi ekonomi yang sulit untuk merekrut pegawai.

Jadi, tetaplah tenang dan berpikir positif. Kehilangan percaya diri hanya akan menutup pintu peluang.

Minta Masukan

Sudah menjalani proses panjang rekrutmen pegawai namun gagal di tahap akhir? Cobalah hubungi kembali petugas rekrutmen dan cari tahu apa yang membuat perusahaan menolakmu.

Ketika menghubungi kembali petugas rekrutmen, beberapa pertanyaan ini bisa diajukan:

  • Bagaimana cara saya memperbaiki surat lamaran kerja dan resume?
  • Bagaimana cara yang lebih baik untuk menunjukkan bahwa kemampuan dan pengalaman saya dapat membantu perusahaan?
  • Bagaimana cara saya meningkatkan kemampuan wawancara kerja?
  • Apakah saya mengomunikasikan pengetahuan dan minat saya tentang perusahaan dan bagaimana saya dapat berkontribusi sejak hari pertama?
  • Apakah ada kesenjangan latar belakang dari yang dicari perusahaan?

Jangan lupa mengucapkan terima kasih setelah menerima masukan. Kemudian, jadikan hal tersebut sebagai masukan untuk memperbaiki kekurangan serta menyusun rencana baru dalam pencarian kerja.

Perbaiki Metode Pencarian Kerja

Jika masih gagal, coba evaluasi lagi strategi pencarian kerjamu. Mereka yang berhasil umumnya lebih fokus, siap dan terhubung dengan jaringan profesional yang kuat. Cobalah untuk mengembangkan jaringan tersebut, targetkan industri yang sedang berkembang, tetapkan beberapa target dan kejarlah lowongan pekerjaan di berbagai lokasi.

Selain itu, pastikan untuk selalu disiplin dan teratur dalam proses pencarian kerja ini. Jangan sampai frustrasi karena ditolak. Sebab, jika ditangani dengan benar, penolakan tersebut justru dapat menjadi senjata dalam pencarian kerja yang lebih efektif.

Semoga berhasil!

PANDUAN MUDAH SOAL PSIKOTES Lengkap dengan jawaban dan pembahasannya. Cek di sini dapatkan sekarang sebelum kehabisan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 8 =

Share