Tips mudah mengerjakan TPA untuk masuk SMA

Ujian Nasioal SMP sudah selesai dan saatnya masuk SMA favorit. Pilihan utama tentu jatuh pada SMA negeri yang favorit. Tidak mudah untuk lulus SMA favorit dikarenakan adanya Tes Potensi Akademik yang biasa disingkat dengan TPA. Nah untuk menghadapi TPA ini tidaklah mudah, lalu bagaimana caranya menghadapinya?  padahal persiapan kita sangat singkat hanya sejak setelah UN.

Disini saya berikan tips mudah mengerjakan TPA yang saya dapat dari hedisasrawan.blogspot.com dan saya akan mencoba untuk berbagi dengan Anda.

Baiklah, mari kita bahas satu persatu:

1. Belajarlah lebih tekun

Karena waktu kita untuk mempersiapkan diri sangat singkat. Maka kita harus belajar lebih tekun lagi. Gunakan waktu seefisien mungkin. Setiap jam waktu kita sangat berharga.

2. Carilah soal-soal TPA sebelumnya

Anda harus aktif mencari soal-soal TPA yang diadakan tahun lalu di SMA tujuan kita. Mintalah dari teman atau dari sekolah anda, atau cari di internet.

3. Carilah banyak teman

Carilah banyak teman. Baik teman kita yang akan ikut TPA di sekolah yang sama dengan sekolah pilihan kita mapun kakak kelas yang sekolah di SMA pilihan kita. Itu akan mempermudah kita dalam mencari informasi dan mencari soal-soal TPA sebelumnya.

4. Tetap bersantai dan selalu berdoa

Jangan juga belajar secara berlebihan. Sebenarnya kita boleh hanya sekedar belajar saja saat menghadapi TPA. Tapi kalau kita serius ingin bersekolah di SMA favorit kita, maka belajarlah dengan tekun dan tetap beristirahat dengan teratur. Berdoa juga harus tetap dilakukan supaya kita diberi kemudahan dan ketenangan saat latihan dan menjawab soal TPA.

5. Olahraga dan makan makanan yang bergizi

Ini sudah menjadi tips umum yang pasti akan membantu kita untuk menghadapi TPA atau apapun. Lakukan secara teratur yaa… Smile

6. Pelajari materi dari SMP kelas 7 sampai SMA kelas 10

Karena kebanyakan soal-soal TPA mengandung materi pelajaran dari kelas 7 sampai 10. Maka pelajarilah secara ringkas materi tersebut. Terutama IPS, karena selama anda menghadapi UN, anda tidak pernah belajar IPS. Pelajari juga logaritma yang biasanya ada di soal TPA.

Itulah 6 tips mudah menghadapi TPA masuk SMA. Semoga bermanfaat. Ada pertanyaan dan tambahan? Silakan sampaikan melalui kotak komentar.

Download simulasi Tes Potensi Akademik (TPA). Sebelum mengikuti TPA masuk SMA pelajari simulasi ini yang saya dapat dari hasil googling (tombol download ada dibawah)

Cara menggunakan simulasi ini tidak rumit, download simulasinya terlebih dahulu dan double klik pada filenya (lihat gambar simulasinya dibawah ini).

Klik pilihan jawaban lalu > lanjut, selamat berlatih.

Silahkan kopi dan paste link download aplikasi TPA ini pada web browser anda : http://adf.ly/ngT8W

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

70 ÷ 7 =

Share